Catatan Bertualanglah Anak Muda


Hidup seperti apa yang kalian cita-citakan, anak muda? Apakah hidup penuh petualangan, atau hidup seperti ‘buku petunjuk’. Hidup seperti apa? Apakah hidup penuh hal-hal mengejutkan, atau hidup ‘stabil’, begitu-begitu saja yang penting aman. 



Harta benda misalnya, bagaimana kita akan menyikapinya? Semakin banyak yang dimiliki maka semakin bagus? Rumah megah, mobil mewah, deposito, perusahaan, dan sebagainya? Akan seberapa banyak tumpukan harta kita, lagi, lagi dan lagi, untuk kemudian tiba di akhir cerita, tidak sepeser pun akan dibawa ke liang lahat. Tiada bermanfaat harta itu saat kita miliki, pun tiada berguna saat kita telah mati.

Pekerjaan. Apa definisi pekerjaan? Apakah kita akan berangkat pagi, pulang malam. 30, 40 tahun berlalu masa pensiun tiba. Selembar surat penghargaan diterima, dan kita duduk di depan rumah menghabiskan sisa waktu. Kemana telah pergi waktu 40 tahun tersebut? Kemana? Apakah itu pilihan hidup terbaik yang pernah kita lakukan. Apakah 40 tahun itu masa-masa paling indah yang kita miliki? 

Anak muda, hidup seperti apa yang kalian inginkan? Karena boleh jadi, kita selama ini tidak memikirkan persoalan ini. Jika iya, mulailah bertanya. Apakah saya memang ingin bekerja di sini. Apakah saya memang ingin sekolah di sini. Tempat-tempat yang akan saya pilih. Kota-kota tempat saya menghabiskan waktu. Hari-hari apa yang akan saya lewati. Apakah ini jalan hidup yang akan saya tempuh, besok lusa, saat saya tua, saya bisa berdiri menatap semuanya. Apakah saya bangga telah melewatinya.

Apakah kita ingin hidup berkecukupan, kaya, punya pekerjaan tetap, dstnya, tapi sejatinya (mau diakui atau tidak), boleh jadi membosankan, tidak ada yang seru, begitu-begitu saja, milyaran orang lain juga begitu. Karena memang begitulah ‘buku panduan hidup’ yang diwariskan dari generasi ke generasi. Apakah kita ingin hidup seperti itu?

Atau kita akan mulai memilih berpetualang dalam hidup ini? 
Hari demi hari adalah pemberhentian sementara. Minggu demi minggu adalah perjalanan yang seru. Bulan demi bulan, tahun demi tahun, ada banyak hal baru yang kita lakukan. Bukan lagi ukurannya berapa harta benda kita, bukan lagi ukurannya di mana posisi jabatan kita, popularitas, kekuasaan, bukan itu sama sekali. Melainkan seberapa banyak kita telah menyentuh kehidupan orang lain. Seberapa banyak kehidupan kita bermanfaat bagi orang lain. Apapun cara yang kita pilih, apapun medium yang kita gunakan, hidup kita sungguh sebuah perjalanan menarik. Petualangan. Untuk pertama kalinya, kita bisa berseru gagah, bodo amat dengan penilaian orang lain, peduli amat dengan ukuran-ukuran yang dimiliki orang lain. Inilah hidup saya. 

Tidakkah kita mau tiba di ujung semua kisah, kita menatap ke belakang, tersenyum lebar. Atau hanya sibuk mengukur-ngukur, membanding-bandingkan, mengenang semua masa muda, 30-40 tahun bekerja, tapi sesungguhnya, kita tidak tahu sama sekali, apakah itu pernah jadi spesial atau tidak. Karena hei, milyaran orang lain juga begitu. Apanya yang membuat dia berbeda?

*Tere Liye

- Dikutip dari halaman Facebook Tere Liye
SHARE

Author

Hi, Saya galihakmal, salah satu penggemar dan penikmat karya-karya Bang Tere. ' Bagi Teman-teman yang tidak terbiasa berfacebook ria, saya sudah buatkan blog yang tulisannya dikutip dari karya Bang Tere yang diposting melalui akun Facebooknya.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment