Bidadari-Bidadari Surga tentang Biarkan Mereka Menilai


"Buat apa kau memikirkan apa yang dipikirkan orang lain, buat apa kau mencemaskan apa yang akan dinilai orang lain.

Biarkan saja mereka sibuk menilai dan menghakimi. Itu bukan urusan kita."

--Tere liye, novel "Bidadari-Bidadari Surga"

- dikutip dari halaman Facebook Tere Liye

------------------------------------------------

Biarkan anjing menggong dan khafilah berlalu. Ungkapan itu sering terdengar. Biarkan mereka bergosip dan berkata apapun tentang kita. Karena yang tahu sebenernya adalah kita dan yang lebih tahu adalah Allah.

Cukup kita melakukan hal-hal baik yang tidak merugikan orang lain. Karena jika kita terlalu banyak mendengarkan apa kata mereka tentang kita yang sibuk menghakimi,. maka waktu kita akan habis dengan melelahkan. Mencemaskan apa yang dikatakan orang lain.

Di jaman sekarang ini, hal seperti ini sangat banyak kita jumpai. Bahkan, orang yang sama sekali tidak pernah berinteraksi dengan kitapun mampu menilai dan menghakimi kita. Sungguh biarkan anjing menggonggong dan khafilah berlalu.

Dalam novel ini,. ah tidak. Sepertinya dalam setiap novel Bang Tere, bukan juga... tapi dalam setiap karya-karya Bang Tere, baik itu novel, sajak atau catatan-catatannya sungguh kaya akan makna pelajaran tentang hidup. Yang bahkan tidak akan kita sangka-sangka. Sungguh dakwah yang begitu indah. Tidaklah menggurui tapi dapat dimengerti dan diikuti.
SHARE

Author

Hi, Saya galihakmal, salah satu penggemar dan penikmat karya-karya Bang Tere. ' Bagi Teman-teman yang tidak terbiasa berfacebook ria, saya sudah buatkan blog yang tulisannya dikutip dari karya Bang Tere yang diposting melalui akun Facebooknya.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment