Nasehat Hati-Hati

foto : howng.com

Berhentilah asyik posting foto lagi di mana, sedang apa, punya perhiasan apa, semuaaaa diumumkan di media sosial (instagram terutama). Kita menjadi sangat rentan atas tindak kejahatan. Bagaimana tidak? Orang bisa tahu persis kita lagi di mana, siapa saja bersama kita, bahkan saat kita berwisata di kota lain, orang tahu di hotel apa kita menginap, di kamar mana. Dan lebih serius lagi, saat kita pamer apa yang kita bawa, harta apa yang sedang kita kenakan. Atau harta apa yang ada di rumah, di mana tempat menyimpannya. Itu persis seperti membukakan pintu lebar-lebar bagi orang yang berniat jahat. Dan mereka tidak perlu riset apapun untuk mulai melancarkan kejahatan, toh, kita sudah membagikan “peta”, semuanya lewat instagram.
Apakah nasihat ini lebay? 

Tidak, dek. Cukup sekali kita “apes” mengalaminya, mungkin kalian akhirnya paham jika ini sama sekali tidak lebay. Saat sudah kepentok batunya, barulah kita menyadari, oh my god, kenapa sih selama ini semua harus saya umumkan di media sosial.

Boleh posting foto? Tentu boleh. Tapi selalu cek minimal dua kali: “Apakah ini penting banget?”, “Apakah ini harus dan mendesak sekali saya posting?” Selalu pikirkan dua hal ini sebelum mengklik tombol posting. Semoga itu membantu mengendalikan nafsu pamer kita.

- dikutip dari halaman facebook Tere Liye
SHARE

Author

Hi, Saya galihakmal, salah satu penggemar dan penikmat karya-karya Bang Tere. ' Bagi Teman-teman yang tidak terbiasa berfacebook ria, saya sudah buatkan blog yang tulisannya dikutip dari karya Bang Tere yang diposting melalui akun Facebooknya.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment